Apa Bedanya?

Assalamu'alaikum dan Salam Pramuka!
Apa kabar kakak-kakak dan adik-adik pembaca semua?

Kali ini saya akan membahas tentang Perbedaan Pramuka, Gerakan Pramuka, dan Kepramukaan. Ketiga istilah tersebut sudah sering kita dengar kan? Baik oleh para pramuka maupun kalangan di luar pramuka. Namun, jika bersedia jujur, apakah kita sudah mengenal dengan benar pengertian dari masing-masing istilah tersebut dan bisa menggunakannya dengan tepat.

Jangankan oleh orang-orang di luar kepramukaan, para anggota Gerakan Pramuka sendiri masih sering kali kebingungan dalam memberikan definisi yang tepat sehingga masih banyak yang salah memberikan arti pada ketiga istilah tersebut.

Marilah kita bahas pengertian masing-masing dari tiga istilah yang sangat familiar di telinga kita ini.



Pengertian Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI Daring Edisi III) telah memasukkan kata 'pramuka' dan 'kepramukaan' di dalamnya. Menurut kamus ini, kedua kata tersebut mempunyai arti sebagai berikut :
  • pramuka/pra·mu·ka/n akronim Praja Muda Karana; organisasi untuk pemuda yang mendidik para anggotanya dalam berbagai keterampilan, disiplin, kepercayaan pada diri sendiri, saling menolong, dan sebagainya anggota organisasi pramuka: -- membentuk anak (pemuda) yang masih berkembang menjadi warga negara yang berbudi luhur; pandu
  • kepramukaan/ke·pra·mu·ka·an/n perihal (kegiatan dan sebagainya) yang berhubungan dengan pramuka
Pengertian Menurut Undang-Undang Gerakan Pramuka
Undang-undang Nomor 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka menjadi dasar pokok penyelenggaraan pendidikan kepramukaan di Indonesia. Di dalam undang-undang tersebut dinyatakan tentang pengertian 'Pramuka', 'Gerakan Pramuka', 'Kepramukaan', dan 'Pendidikan Pramuka'.

Berikut pengertian masing-masing menurut undang Undang Nomor 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka :

  • Gerakan Pramuka adalah organisasi yang dibentuk oleh pramuka untuk menyelenggarakan pendidikan kepramukaan.
  • Pramuka adalah warga negara Indonesia yang aktif dalam pendidikan kepramukaan serta mengamalkan Satya Pramuka dan Darma Pramuka.
  • Kepramukaan adalah segala aspek yang berkaitan dengan pramuka.
  • Pendidikan Kepramukaan adalah proses pembentukan kepribadian, kecakapan hidup, dan akhlak mulia pramuka melalui penghayatan dan pengamalan nilai-nilai kepramukaan.

Nah, jadi dari dua sumber terpercaya tersebut kita sudah tahu perbedaan "Pramuka, Gerakan Pramuka, dan Kepramukaan" sekarang jelas lah sudah masing-masing definisi (pengertian) dari ketiga istilah tadi. So, kedepannya jangan lagi mengucapkan kalimat,"Saya seorang anggota pramuka," namun telah berganti menjadi, "Saya seorang anggota Gerakan Pramuka."


Video dari : http://pramukaria.blogspot.co.id/2013/05/mengenal-pramuka-gerakan-pramuka-dan.html

Itu saja yang dapat saya sampaikan kali ini
Sekian dan Salam Pramuka!
-Mutia Adlina Rifani
Seorang Pramuka tidak seharusnya terkejut, karena dia tahu apa yang harusnya dia lakukan ketika sesuatu yang tak terduga terjadi. Yap Karena Pramuka itu, Siap Sedia!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

About Admin

PPGD (Pertolongan Pertama Gawat Darurat)